Jumat, 26 Mei 2017

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan ikan yang satu ini. Yap namanya adalah ikan lele. Ikan yang dikenal dengan kumisnya ini mempunyai nama bahasa latin yaitu Clarias. Ikan yang hidup di air tawar ini memiliki tubuh yang licin, bentuk tubuhnya agak pipih panjang, dan memiliki kepala yang keras.

Di Indonesia ikan lele mempunyai banyak sebutan antara lain di Sumatra Barat orang menyebutnya ikan kalang, di Gayo Aceh orang memyebutkan ikan maut, di Kalimantan Selatan orang menyebutnya ikan pintet dan masih banyak lagi sebutan bagi ikan lele ini.

Ikan lele banyak digemari karena memiliki rasa yang lezat dan tentu saja banyak manfaatnya. Ikan lele sangat baik untuk kesehatan jantung kita karena memiliki sumber protein yang rendah lemak. Apa saja manfaat yang terkandung dalam tubuh ikan berkumis ini? Berikut ulasannya :

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

1. Rendah Lemak

Ikan lele mengandung jenis lebak yang netral yaitu tridliserida. Lemak ini bersifat sederhana sehingga sangat baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Kandungan lemak ini paling banyak ditemui di bagian perut ikan lele. Karena ikan lele rendan lemak jadi anda tidak usah khawatir tentang kolestrol naik justru mengkonsumsi ikan lele secara teratur dapat menekan angka kolestro anda.

2. Ikan Lele Kaya Akan Omega 3

Seperti kebanyakan ikan pada umumnya, ikan lele juga memiliki kandungan omega 3 yang banyak. Omega 3 sangat banyak manfaatnya salah satunya adalah membantu proses perkembangan otak janin pada ibu hamil. Manfaat lainnya dari omega 3 adalah dapat meningkatkan kinerja otak anda dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit pikun.

3. Sebagai Sumber Protein Yang Baik

Ikan lele merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Keistimewaan protein dalam ikan lele ini adalah karena protein pada ikan tak hanya berfungsi menambah jumlah protein yang anda makan tetapi sekaligus menjadi pelengkap kutu protein yang anda makan. Protein dalam ikan lele bagus untuk mengobati penyakit herpes, dan membantu pertumbuhan balita.

4. Memiliki Kandungan Pjospor Yang Banyak

Ikan lele memiliki kandungan phospor mencapai 168 mg per 100 gram, ini membuktikan kandungan phosbor lebih tinggi dari pada yang terdapat pada telur yang hanya memiliki kandungan phospor seberat 100 mg saja. Fungsi phospor berguna untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNS, serta membantu pembentukan tulang pada janin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar